Skip to main content

Cara Membuat Database Tentang Riwayat Hidup




Assalamualikum wr.wb
Pada postingan kali ini saya akan membuat database tentang daftar riwayat hidup saya. Oh iya saya ulangi, disini saya menggunakan MySQL sebagai databasenya, bagi yang belum meng-install dan konfigurasi databasenya silahkan klik Disini aja dulu sekedar untuk baca-baca ya hehe , yaudah yuk kita langsung saja konfigurasinya.


1). Pertama kita buka MySQL 5.5 Command Line Client di search 


2). Kemudian kita login dengan memasukkan password MySQL kita.



3). Selanjutnya kita membuat database baru, disini saya membuat database dengan nama daftar_riwayat_hidup Untuk cara membuatnya dengan perintah create database (nama databasenya); dan bila ingin menghapus gunakan perintah drop database (nama databasenya); . Setalah itu kita show database; untuk melihat database yang baru dibuat tadi.
4). Kita gunakan database yang baru kita buat tadi dengan perintah use (nama databasenya), kemudian kita buat tablenya dengan perintah create table (nama table yang akan dibuat). Setelah itu masukkan perintah no mediumint not null auto_increment, yang digunakan untuk mengurutkan system numberik/numerik, jadi nanti biodata yang kita bikin akan berurutan sesuai nomor nya, setelah itu buat bagan sesuai dengan keinginan anda. Jika belum tahu caranya silahkan mampir ke postingan yang sebelumnya ya hehehe. Terahkir coba lakukan pengecekan jangan sampai ada yang tertinggal atau salah ketik.


5).  Setelah itu Kita ketik perintah desc daftar_riwayat_hidup_mfikrialfajri dan kita lihat apakah table nya sudah dibuat.



6). Kita buat isi table yang sudah kita buat dengan Daftar Riwayat Hidup Kita , gunakan perintah seperti gambar dibawah ini untuk memasukkan data ke table yang telah kita buat sebelumnya.
*Note:
- insert into daftarriwayathidupandikawirapratama
- (No,DataDiri,KeteranganDiri)
- values : Memasukkan data dengan mengelompokkan bagan seperti No,DataDiri,KeteranganDiri ke dalam table.
- ('1','Nama','muhamad Fikri Alfajri') : Adalah isi data dalam table yang diurutkan sesuai bagan yang dibuat.
- Perintah ==> ); : perintah yang digunakan untuk mengakhiri pemasukkan daya yang telah selesai.

7). Setelah memasukkan data kemudian lakukan pengecekan/verifikasi untuk mengetahui apakah database riwayat hidup yang tadi dibuat sudah terbentuk atau belum. Kita bisa menggunakan perintah select *from (nama tablenya) untuk melakukan pengecekkan. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah ini.

Alhamdulillah sudah selesai semoga bermanfaat, dan jangan lupa komentar oke dan juga share bila anda suka......wassalamualikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Fiber Optik

  Assalamualaikum wr.wb Selamat pagi semua, alhamdulillah saya pada kali ini ingin sedikit membahas Fiber Optik Mari kita simak pembahasannya : Rangkuman 1. Pengertian Kabel Jaringan Fiber Optic          Kabel fiber optic untuk jaringan computer adalah salah satu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer. 2. Fungsi Kabel Jaringan Fiber Optic          Fungsi Kabel Jaringan Fiber Optic diantaranya yaitu untuk kepentingan jaringan biasa seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), atau Man. Biasanya kabel jaringan fiber optic lebih banyak ditemukan pada instansi jaringan tingkat menengah keatas seperti perusahaan – perusahaan besar atau instansi pemerintahan yang menuntut adanya struktur jaringan dengan kemampuan yang benar – benar cepat. Kabel jaringan fiber optic juga merupakan salah satu pilihan jika jaringan yang ingin dibangun menuntut instala

Konfigurasi File Server Windows Server 2012 R2

KONFIGURASI FILE SERVER Assalamualaikum wr.wb Salam salam semuanya semoga selalu sehat dan baik baik saja,kali ini saya ingin memberi tahu cara mengkonfigurasi File server pada Windows server ............Mari kita  mulai...........saran : ikuti sesuai urutan ! File Server Resource Manager adalah sebuah fitur yang harus diaktifkan pada server windows yang berfungsi memanage dan mengelola kuantitas dan type file yang terdapat pada server. Fitur ini diaktifkan agar banyak data yang terdapat pada server bisa ditentukan jenis file yang bisa disimpan sehingga memaksimalkan storage hardisk yang kita gunakan.  Ketika FSRM diaktifkan maka tugas yang bisa dilakukan adalah :  Membuat kuota pada drive atau folder dengan membatasi besar kuota drive atau folder tersebut.  Mengontrol jenis file yang tersimpan pada drive atau folder yang di bolehkan. Menjadwalkan laporan berkala penyimpanan file dalam drive.  Mengklasifikasikan file berdasarkan kebijakan yang sudah diten

Konfigurasi DHCP Windows Server 2012 R2

Assalamualaikum wr.wb, Salam salam semuanya untuk semua, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi tahu cara mengkonfigurasi DHCP server (Dynamic Host Configuration Protocol ) DHCP  adalah salah satu protocol pada jaringan komputer yang dapat mendapatkan atau meminjamkan ip address terhadap host yang berada dalam satu jaringan secara otomatis. DHCP terbagi dari 3 komponen : 1. service DHCP, dimana akan merespon setiap permintaan dari client dengan setelah mengkonfigurasi TCP/IP. 2. DHCP client, dimana setiap request dari client akan di Replay oleh Server sesuai dengan jaringan yang tersedia. 3.protokol DHCP, dimana protokol yang digunakan sesuai dengan urutan antara Server dan Client. Tiga metode standar alokasi ip addres DHCP : 1. alokasi dynamic 2. automatic alokasi 3. manual alokasi Protokol komunikasi DHCP mendefinisikan delapan pesan jenis  DHCPDISCOVER digunakan oleh client untuk meminta parameter konfigurasi dari DHCP server; DHCPOFFER d